0852-9266-3693

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

21 Juli 2015

LOMBA KOTHEKAN WARNAI BERSIH DUSUN JIMBAR

Kebudayaan merupakan sekumpulan olah rasa dan karsa manusia yang menghasilkan berbagai ragam bentuk yang sangat beraneka warna. Hal ini diciptakan untuk kemanfaatan manusia di dalamnya.
Kehadiran bentuk-bentuk kebudayaan sesuai dengan pola dan kondisi manusia saat itu. Bersih dusun yang merupakan mayoritas budaya di daerah Wonogiri terutama bagian selatan telah diwarnai dengan berbagai bentuk dan nilai. Ada unsur pertandingan, perjudian, seni, agama dan lain-lain. Hal ini menunjukkan corak dan warna masyarakat setempat.
Pengejowantahan nilai seni dan agama yang berkembang di Dusun Jimbar dan Bendungsari Desa Jimbar Kecamatan Pracimantoro telah menggelar budaya Bersih Dusun Ukhuwah. Kegiatan ini digelar pada hari Minggu 19 Juli 2015 di Dusun Jimbar Desa Jimbar Kecamatan Pracimantoro.
Gelaran ini dinamai Bersih Dusun Ukhuwah karena digelar di hari Lebaran ke 3 dengan melibatkan semua warga dua dusun dan masyarakat perantauan. Penggabungan nilai nilai seni dan agama merupakan pesona tersendiri yang menghadirkan kenyamanan generasi muda.
Pagelaran yang sangat meriah ini sebenarnya digelar selama tiga hari, diawali hari lebaran pertama dalam bentuk kegiatan-kegiatan anak, lomba panjat debog, lomba gobag sodor, kotekan, tretek, pukul air dan lain-lain.
Kepala Desa Jimbar Sutrisno dalam keterangannya di sela sela menjadi juri kothekan dan tretek mengatakan, “kegiatan bersih dusun ini digelar untuk melestarikan budaya yang sudah ada, sekaligus memberikan pengayaan budaya yang sesuai dengan kondisi situasi saat ini” tandasnya.
Bersih Dusun yang digelar setahun sekali ini dihadiri oleh Sriyanto anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Hadi Santoso, ST MT anggota DPRD Propinsi Jawa Tengah dan Drs Hamid Noor Yasin, MM sekeluarga anggota DPR RI sekaligus Calon Bupati Wonogiri.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?