0852-9266-3693

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

12 Juli 2015

TOL CIPALI MENGULAR, PANTURA LANCAR

CIREBON - Musim mudik tiba. Bersamaan dengan tibanya akhir pekan kemarin, jalur mudik dari kota-kota besar mulai dipadati mobil pribadi dan angkutan umum. Pada hari keenam sebelum Lebaran kemarin, catatan paling menonjol adalah kemacetan parah di tol Cikopo-Palimanan (Cipali). 

Berdasar pantauan Jawa Pos Radar Majalengka, Sabtu (11/7) antrean mobil mengular hingga 13 kilometer (km) ke belakang, mengarah ke Cikopo.

Pemandangan kontras justru terlihat di jalur pantura Indramayu ke arah Cirebon, Jawa Barat. Di wilayah itu, arus lalu lintas justru lancar, bahkan relatif lengang. 

Dulu, sebelum ada tol Cipali, kawasan tersebut selalu menjadi langganan macet saat arus mudik Lebaran tiba hingga arus balik menuju Jakarta. Tahun ini, hingga H-6 Lebaran, jalan justru didominasi kendaraan roda dua. Para pengendara sepeda motor leluasa memacu kendaraan di jalanan aspal yang mulus.

Berdasar pantauan Jawa Pos Radar Majalengka, tanda-tanda penumpukan arus mudik di tol Cipali tampak sejak pukul 08.00. Arus kendaraan dari arah Cikopo atau Jakarta menuju Cirebon dan Jawa Tengah terpantau macet total. Para petugas kepolisian terpaksa mengalihkan arus kendaraan ke gerbang tol Sumberjaya untuk mengurai kemacetan yang cukup parah.

Berdasar pantauan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga tadi malam, transportasi udara sudah memberangkatkan 1,8 juta pemudik. Kereta api juga telah memberangkatkan 1,4 juta orang. Transportasi darat lainnya membawa 1,2 juta pe­mudik; kapal mengangkut 300 ribu orang; dan penumpang angkutan penyeberangan 700 ribu hingga 800 ribu orang

Menhub Ignasius Jonan memprediksi kepadatan arus mudik tahun ini lebih merata bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena itu, kepadatan lalu lintas akan sedikit terurai. Kendati demikian, jumlah pengguna jalan raya akan mengalami peningkatan pada H-3 hingga H-2 Lebaran. 

Adapun pada moda transportasi pesawat, kereta api, dan kapal, tingkat kepadatan penumpang relatif merata. "Karena sudah ada jadwal pemberangkatan setiap harinya," ujarnya kemarin.

sumber: tribunnews.com

Tidak ada komentar:
Write komentar

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?