0852-9266-3693

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

20 Agustus 2015

TANGISAN BERKAH

Semua manusia bisa menangis. Menangis adalah nikmat. Dengan menangis paling tidak ada emosi jiwa yg tersalurkan.

Menangispun macam macam penyebabnya. Ada yg karena sakit dilukai hati atau fisik oleh orang lain. Ada yg karena takut sesuatu atau karena yg saking terharunya melihat/mendengar sesuatu, ada yg krn menyesal tlh berbuat sesuatu dan ada yg sedih krn ditinggalkan sesuatu atau gagal dlm mencapai sesuatu. Atau krn sangat bahagia melihat/mendengar sesuatu.

Dalam pandangan Islam, ada 3 (tiga) tangisan yg membawa nikmat.

(1). Tangisan ketika mendengar Ayat Ayat Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam QS. Maryam ayat 58 :

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ مِنْ ذُرِّيَّةِ آدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوحٍ وَمِنْ ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْرَائِيلَ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا ۚ إِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ آيَاتُ الرَّحْمَٰنِ خَرُّوا سُجَّدًا وَبُكِيًّا

”Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.” (QS. Maryam : 58).

(2). Tangisan karena takut kepada Allah SWT.

“Tidak akan masuk ke dalam api neraka seseorang yang menangis karena takut kepada Allah hingga air susu (yang sudah keluar) kembali ke tempat asalnya.” (HR. Tirmidzi)

(3). Tangisan karena menyeaali dosa-dosanya yang telah diperbuat.

Dari Uqbah bin Amir RA, dia berkata, “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah bagaimana caranya kami agar selamat (dari adzab Allah? -ed)" Rasulullah bersabda : ‘Kendalikan lisanmu, hendaknya rumahmu membuatmu merasa nyaman (untuk beribadah) dan menangislah karena dosa-dosamu.” (HR. At-Tirmidzi, hadits hasan dan dishahihkan oleh Al-Albani).

Itulah 3 (tiga) tangisan yang akan membawa nikmat keselamatan di akhirat kelak, in syaa Allah.

Mari lembutkan hati..
Dengan menangis karena Allah SWT..

oleh: Ust. KH. Syaifudin Azis, Boyolali Jateng

Tidak ada komentar:
Write komentar

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?