0852-9266-3693

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

13 September 2015

MENIKMATI SECANGKIR TEH DENGAN ROMEO (Makanan Khas Paranggupito Berbahan Singkong)

Paranggupito. Hari minggu yang cerah, angin sejuk nan dingin masih menusuk tulang. Suasana tandus tanpa dedaunan hijau yang kering dengan ditambah suara burung berkicau menambah indahnya suasana pagi di Paranggupito.

Secangkir teh ditemani dengan romeo sedikit membuat rasa lapar dipagi hari. Ya romeo, salah satu makanan khas paranggupito selain tiwul. Makanan yang satu ini memang belum terkenal seperti tiwul. Pembuatan dengan bahan dan pengolahan yang sederhana  dengan rasa yang luar biasa pantas untuk dicoba.

Makanan yang berbentuk lingkaran dan tipis itu, setelah diberi bumbu dan digoreng mengundang selera. Bahkan, setelah mencicipi satu, rasanya ketagihan untuk menghabiskannya.Cara membuatnya tergolong mudah. Singkong yang baru dipanen, kemudian dikupas terus dicuci dan selanjutnya diparut. Hasil parutan lalu, terus diberi bumbu dan diaduk. Bumbu juga simpel, hanya ketumbar, bawang putih dan garam.

Adonan yang sudah jadi lantas diambil dan ditata di atas tutup panci atau piring alumunium. Yang unik, setelah itu adonan diletakkan di atas uap air yang sudah mendidih dengan cara memasang piring atau tutup panci terbalik di atas periuk. Intinya, proses mematangkan adonan dibantu dengan panas dari uap air mendidih.Setelah sekitar tiga atau lima menit, baru adonan yang dicetak tadi matang.

Setelah dilepaskan, lempengan romeo yang sudah jadi dijemur. Saat kering, siap untuk digoreng.  Satu kilogram singkong bisa terbentuk sekitar 40 lempeng. Penjualannya pun dengan sistem bijian. Dan hargnya pun terolong sangat murah, Setiap sepuluh romeo dijual Rp 1.000.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk mencoba ??? Di Paranggupito tentu sudah banyak daerah yang membuat makanan satu ini.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?