0852-9266-3693

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

05 November 2015

ANCAMAN RAWAN PANGAN PARANGGUPITO

       Bencana kekeringan yang melanda Wonogiri bagian Selatan, Paranggupito, Giritontro, Pracimantoro, dan Giriwoyo, tak kunjung menunjukkan tanda tanda akan berakhir. Hal ini terlihat dengan masih belum adanya sekalipun hujan sampai di awal bulan November ini. Tiupan angin yang masih kencang dan awan hitam yang masih bergerak kencang menguatkan dugaan akan masih berlangsungnya musim kemarau.

       Kebiasaan yang terjadi di tiap tahunnya awal bulan November sudah mulai turun hujan, walaupun intensitasnya rendah. Tetapi sampai minggu pertama memasuki minggu kedua belum ada tanda tanda akan turun hujan.

       Musim kemarau yang panjang akan berdampak pada mundurnya musim panen warga yang berakibat akan terjadinya kesulitan bahan pangan masyarakat kecil. Hal ini dibenarkan tokoh masyarakat Paranggupito yang peduli dengan nasib wong cilik dan aktif di kerja kerja sosial. "Akibat panjangnya musim kemarau yang sampai awal November ini belum turun hujan, makan akan berdampak langsung pada kerawanan pangan di masyarakat, untuk itu pemerintah harap segera membuat langkah langkah antisipasif akan dampak panjangnya musim kemarau" tandasnya Sriyanto saat dihubungi disela sela pengiriman bantuan air bersih di Desa Tlogosari Kecamatan Giritontro, Kamis 5 November 2015.

       Sriyanto juga berharap pemerintah melakukan langkah langkah antisipasif terkait rawan pangan juga rawan benih tanam seperti padi, jagung, dan lain lain. Karena bagi masyarakat Wonogiri bagian selatan menanam sebelum hujan sudah (ngawu awu) menjadi kebiasaan tiap tahun.

       Ngawu awu tingkat resikonya besar, bila diawal musim hujan turun sebentar lalu sebulan atau dua minggu berikutnya tidak hujan dapat dipastikan tanaman akan kering.

       Semoga hujan yang kita nantikan bersama segera turun.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?