0852-9266-3693

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

22 Agustus 2016

Brotoseno Merguru Di Dusun Jimbar

Sedekah bumi atau bersih dusun yang sejak masa nenek moyang telah berlangsung terus dilakukan dalam rangka pengejowantahan rasa syukur sekaligus permohonan kepada yang kuasa untuk keselamatan bersama. Budaya ini sangat kental di tanah jawa khususnya di Wonogiri.

Dusun Jimbar dan Dusun Bendungsari Desa Jimbar Kecamatan Pracimantoro menggelar hal serupa di rumah Kasus Bendungsari. Kegiatan yang berawal sejak pagi hari Minggu 21 Agustus 2016 ini diawali dengan gerak jalan santai dan lomba lomba.

Puncak acara bersih dusun ini berupa pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Brotoseno Merguru atau Brotoseno Mengaji. Lakon yang mengkisahkan Brotoseno atau Werkudoro dalam mencari kedigdayaan ini digelar oleh Ki Dalang Subarjo Eko Asmoro, SSen SPd.

Sutrisno, Kepala Desa Jimbar dalam sambutannya menyebutkan bahwa serangkaian keberhasilan Jimbar bukan karena kepintaran dirinya selaku kepala desa tetapi karena kebersamaan yang senantiasa ditunjukkan masyarakat Jimbar. Oleh karenanya dia mengajak semua yang hadir untuk senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Propinsi Jawa Tengah Hadi Santoso, ST MSi yang hadir bersama Sriyanto, SPd anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, dalam sambutannya mengajak semua masyarakat Jawa Tengah untuk melestarikan budaya jawa yang ada karena budaya Wayang sudah hadir sejak sebelum para ulama hadir di tanah jawa.

Gelaran wayang ini semakin meriah setalah Ki Dalang menunjukkan kebolehannya menggerakkan wayang dan menggali kreativitas dengan tokoh tokoh jenaka yang masyhur di masyarakat seperti Solo, Jarwo, Upin, Ipin dan lain lain yang dilihat oleh ribuan penonton.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?