0852-9266-3693

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

27 Desember 2016

Inilah Perjuangan Pengrajin Gula Jawa Organik

Gula jawa organik diproses menggunakan resep leluhur Paranggupito. Proses produksi ini berjalan seperti biasanya yaitu sejak nderes (ambil nira dari pohon kelapa) tiap pagi dan sore dan proses lainnya.

Pembuatan gula jawa organik bermula dari pengambilan dan pemasangan tempat nira setiap pagi dan s
ore tidak mengenal hujan atau panas. Sebelum beruk atau kaleng tempat nira dipasang wadah ini dikasih cairan dari serpihan kayu nangka agar nira menjadi jernih dan awet. Hal ini yang membedakan proses gula jawa organik dan lainnya. Cairan atau serpihan kayu nangka yang menjadikan gula jawa organik terbebas dari bahan kimia apapun.

Perjuangan pengrajin gula jawa organik tidak ringan. Untuk mengambil nira atau getah bunga kelapa harus diambil tiap pagi dan sore baik dalam kondisi hujan atau panas. Karena bila nira tidak diambil sekali saja dapat dipastikan nira itu menjadi rusak dan tidak dapat diolah menjadi gula jawa.

Nira yang telah diambil dari pohon kelapa itu diproses dalam pengapian untuk direbus menurunkan kadar air. Petani gula jawa organik untuk melakukan efisiensi biasanya melakukan proses finising pencetakan gula jawa organik sekali dalam sehari yaitu di waktu sore hari. Nira hasil pagi hari cukup dipanasi dengan kadar air tertentu biar tidak rusak lalu dicetak bersama nira hasil sore hari. Hal ini dilakukan untuk efisiensi kayu bakar dan waktu pembuatan gula jawa karena sekali pembuatan gula jawa organik menghabiskan waktu 2 sampai 3 jam.

Nira dengan kadar air tertentu yang sudah mengental lalu dicetak di cetakan gula jawa kecil kecil yang telah dilapisi plastiik untuk memudahkan pelepasan gula jawa organik. Gula jawa organik yang telah dicetak didiamkan beberapa waktu sekitar 30 menit agar mengeras dan diambil dari cetakan.

Proses percepatan pengerasan gula jawa organik biasanya diberi katalis berupa ipah yaitu gula jawa yang sudah jadi dan mengering. Proses ini diberikan sebelum gula jawa organik dicetak.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?