0852-9266-3693

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

27 Desember 2016

Pemerintah Desa Gunturharjo Gandeng UNS Bekali Ketrampilan Warga

Pemerintah Desa Gunturharjo menggandeng LPPM UNS Surakarta menggelar berbagai pelatihan dalam rangka peningkatan ketrampilan dan kesejahteraan masyarakat. Pelatihan yang dikemas dalam bentuk Kursus Kewirausahaan Desa (KWD) itu diikuti oleh 50 orang yang terbagi dalam 5 kelompok usaha dari masing masing dusun di Desa Gunturharjo.

Peserta pelatihan terbagi dalam 5 kelompok usaha yang terdiri dari 2 kelompok Pengrajin Gula Jawa Organik, 1 kelompok Pengrajin Pupuk Organik, 1 kelompok Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi dan 1 kelompok Budidaya Cabe Jamu. Semua peserta pelatihan diharapkan mampu meningkatkan taraf hidupnya dengan berbekal hasil pelatihan yang diberikan dari akademisi dan trainer dari UNS Surakarta.

Kelompok Sari Nira yang merupakan salah satu kelompok binaan di bidang Gula Jawa Organik telah mampu mengeluarkan produk gula jawa organiknya dengan label yang cukup menarik. Lebih menarik lagi gula jawa organik ini dikemas dengan berbagai macam rasa, ada rasa stowberi, rasa jahe, rasa jeruk dan lain lain.

Pemasaran produk ini sementara ini baru mengandalkan dari mulut ke mulut dan pengunjung wisata Pantai Nampu dan Pantai Sembukan. Dalam banyak kesempatan pemasaran merupakan kendala yang sering dijumpai para produsen. Sriyanto, anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, dalam kesempatan sambutannya berjanji memberikan dorongan pemasaran secara online lewat Facebook maupun website dan toko online bagi kelompok yang menghendaki.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 10 hari dan ditutup pada hari Senin, 26 Desember 2016 di Balaidesa Gunturharjo. Acara penutupan ini dihadiri Camat Paranggupito, Hariyanto, SSTP MM, Sriyanto ,anggota DPRD Kabupaten Wonogiri dan Kepala Desa dan Pernangkat Desa Gunturharjo.

Camat Paranggupito, Hariyanto, SSTP MM dalam sambutannya meminta para peserta pelatihan tidak merasa puas dengan hasil pelatihan ini sehingga terpicu untuk senantiasa belajar dan berbagi dengan masyarakat lain yang belum berkesempatan ikut pelatihan. Dia juga menyampaikan untuk menindaklanjuti kegiatan Camat Paranggupito telah meminta pihak UNS untuk diberikan bentuk pengabdian dari kampus lain dalam bentuk KKN yang akan diserahkan tgl 10 Januari 2017 yang akan datang.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?